Rabu, 03 Oktober 2012

Materi TIK Kelas X

BAB I


Operasi Dasar Komputer


1.1. Pendahuluan
Perkembangan komputer pada tahun-tahun belakangan ini sangat pesat. Sehingga hampir semua bidang kehidupan manusia telah tersentuh oleh komputer. Bidang pendidikan, ekonomi, olahraga, seni dan sebagainya, pada saat ini telah memanfaatkan komputer. Dan memang pada dasarnya, komputer dibuat untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Oleh karena itu, maka pengetahuan mengenai komputer sangat diperlukan. Antara lain, pembagian kelas dalam komputer, komponen-komponen dasar yang membentuk suatu komputer dan sebagainya yang berkaitan dengan komputer.
1.2. Kelas Dalam Komputer
1.2.1. Micro Computer
Komputer jenis ini yang paling sering kita jumpai sehari-hari. Micro-Computer, disebut juga Personal Computer (PC), ini dapat kita temukan di rumah-rumah, perkantoran atau pabrik-pabrik. Dan biasanya mempunyai harga lebih murah di banding dengan harga kelas komputer lainnya. Komputer portable seperti notebook dan laptop juga termasuk micro-computer. Kelas komputer ini pulalah yang kita gunakan di laboratorium komputer. Dan biasanya merupakan single-user, yaitu satu komputer hanya dapat dipakai satu pemakai pada saat bersamaan.

Gambar. Personal Computer (PC)
1.2.2. Mini Computer
Komputer ini biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahan besar, sebab harganya memang cukup mahal. Merupakan komputer yang bersifat multi-user, yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai. Sampai dengan 64 terminal dapat dihubungkan dengan komputer mini. Tiap-tiap terminal dapat diletakkan di tempat yang terpisah yang dihubungkan dengan pusat komputernya.

Gambar. Mini Computer
1.2.3. Mainframe
Merupakan komputer yang memang secara fisik bentuknya besar di banding kelas yang lain. Selain harganya mahal, kecepatan dan kapasitas dari main frame juga besar. Komputer jenis ini di gunakan pada perusahaan-perusahaan besar, seperti misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang yang tersebar di seluruh dunia, di mana masing-masing kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya.

Gambar. Mainframe

A. Fungsi dan Jenis-jenis Port yang terdapat pada console/system Unit
a. Jenis Port Bagian Belakang CPU
• Power Supply
• Power Monitor
• Paralel port
• Serial port
• USB (port)
• PS/2 Keyboard port
• PS/2 Mouse port
• Audio Port
• Network port
• Port Ekspansi
Hubungkan port-port yang ada dengan peralatan yang ada seperti KeyBoard, Mouse, Monitor, dll.

b. Tombol dan Port Bagian Depan CPU
• Drive bays CD-ROM/RW
• Drive bays DVD-ROM/RW
• Front port (USB port, Firewere, dan Audio port)
• Tombol Power
• Tombol Reset
• Drive bays Floppy disk
• Hardisk Drive LED
c. Komponen Bagian dalam CPU
• Mikroprosesor CPU
• Power Supply
• Kipas angin
• Slot AGP
• Slot PCI
• Sound Card
• RAM
• CD/DVD-ROM/RW Drive
• Floppy disk driver
• Hardisk disk drive
• Chipset Motherboard
• Motherboard
d. Merangkai Komponen Peripheral dengan CPU
Pemasangan Kabel :
• Power Supply
• Power Monitor VGA port
• Printer
• Keyboard
• Mouse
• Speaker
• Konektor RJ45
B. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar
Dalam menggunakan komputer, Anda harus menggunakan secara benar karena bila tidak menggunakan prosedur secara benar dapat menyebabkan komputer mudah mengalami kerusakan. File-file yang anda simpan dapat hilang, serta resiko-resiko lainnya seperti kinerja komputer menjadi lambat dan sebagainya. Dengan demikian, pengeluaran untuk memperbaiki komputer menjadi tidak ada, sehingga dapat menghemat biaya perawatan komputer. Berikut ini beberapa prosedur pemakaian komputer secara benar.
1. Prosedur Mengaktifkan Komputer
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengaktifkan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows adalah sebagai berikut :
a. Pastikan semua kabel power di komputer sudah terhubung dengan jaringan listrik.
b. Hidupkan CPU dengan menekan tombol on di casing.
c. Hidupkan monitor dengan menekan tombol on di monitor.
d. Tunggu sampai prosedur booting selesai yang ditandai dengan tampilnya gambar desktop di layar monitor.

2. Prosedur Mematikan Komputer
Cara mematikan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft adalah menggunakan prosedur shut down. Prosedur shut down merupakan prosedur untuk memutuskan segala perangkat keras yang sedang aktif di CPU yang dikoordinasikan oleh sistem opersasi (Microsoft Windows). Berikut ini adalah prosedur shut down pada Microsoft Windows XP:
a. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif.
b. Klik tombol Start dengan mouse di destop menu.
c. Klik tombol Turn Off Computer
d. Klik Turn Off di kotak dialog Turn Off Computer.
e. Tunggulah beberapa saat sampai komputer mati sendiri.





C. Menggunakan Perangkat Lunak Program Aplikasi
Komputer tidak hanya memerlukan perangkat lunak sistem operasi seperti Windows 98SE, Windows 2000, Windows XP atau Linux saja, tetapi juga perangkat lunak sistem aplikasi komputer. Secara garis besar, program aplikasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:
1. Program pengolah kata (Word Processor). Contohnya Notepad, WordPad, Microsoft Word, Word Perfect, dan Star Office. Program ini digunakan untuk membuat dokumen berupa tulisan, surat, brosur atau dokumen lainnya.
2. Program pengolah angka. Contohnya Lotus 123, Microsoft Excel. Program ini sangat berguna untuk melakukan perhitungan seperti pembukuan di kantor.
3. Program pengolah grafis, digunakan untuk mengolah grafis, membuat rancangan grafis, mengolah/pengeditan photo dan lain-lain. Program ini Contohnya Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Paint, dan lain-lain.
4. Program pengolah database, digunakan untuk merancang database. Contohnya Microsoft Access atau Foxbase,MySQI, dan SQIServer.
5. Program Presentasi. Program ini digunakan untuk membuat presentasi. Contohnya Microsoft PowerPoint.

Selain itu, juga ada software-software untuk membuat/merancang website, membuat animasi dan sebagainya. Dalam modul ini dibahas contoh menggunakan program aplikasi Office yaitu, Microsoft Word dan Microsoft Excel.

1. Microsoft Word

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pengolah kata. Program pengolah kata digunakan untuk membuat dokumen-dokumen berbasis teks seperti surat, buku laporan, skripsi, karya tulis dan lain sebagainya.
Program apalikasi Microsoft Word merupakan program aplikasi yang beroperasi menggunakan system operasi windows. Berikut ini adalah cara untuk menjalankan program aplikasi Microsoft Word.
a. Melalui shortcut desktop pada Microsoft Word yaitu dengan cara diklik dua kali atau klik satu kali kemudian tekan enter
b. Melalui menu start
c. Melalui file di Microsoft Word
Jika digunakan cara pertama untuk masuk kemicrosoft Word, maka pada desktop harus sudah ada shortcut-nya terlebih dahulu. Namun jika belum ada, bisa di munculkan dengan cara berikut.
a. Klik kanan pada desktop
b. Pilih menu New, kemudian klik Microsoft Word Document,
Apabila menggunakan cara melalui menu Start, lakukan cara berikut :
a. Klik menu Start
b. Pilih All Programs
c. Pilih Microsoft Office
d. Klik Microsoft Word
Cara yang ketiga bisa dilakukan melalui Windows Explorer, tetapi harus sudah ada file Word yang pernak dibuat. Misalnya, jika file Word-nya ada di My Documents maka cara membukanya adalah sebagai berikut
a. Klik menu Start
b. Pilih All Programs
c. Pilih Accessories
d. Klik Windows Explorer
e. Klik folder My Documents
f. Klik dua kali file Word yang ada di My Documents


Gambar Tampilan lembar kerja Microsoft Word
Setelah masuk ke Microsoft Word, Anda sudah bisa melakukan pengetikan teks, document, bahkan memasukan gambar. Microsoft Word bekerja berdasarkan pada koordinasi sistem operasi Microsoft Windows. Jika akan menuliskan teks, maka gunakanlah keyboard, sedangkan untuk menjalankan perintah-perintah kerjanya cukup dengan menglik gambar atau simbol yang tersedia.

2. Microsoft Excel


Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang biasa disebut spreadsheet. Program ini banyak digunakan baik diperkantoran, perusahaan, maupun disekolah-sekolah. Microsoft Excel digunakan dalam pekerjaan analisis data, perhitungan rugi laba, pembuatan statistik, pembuatan grafik, pembuatan data base, dan penggunaan rumus.
Program apalikasi Microsoft Excel dapat dijalankan dengan tiga cara, yaitu sebagai berikut :
a. Melalui shortcut pada Microsoft Excel yaitu dengan cara diklik dua kali atau klik satu kali kemudian tekan enter
b. Melalui menu start
c. Melalui file di Microsoft Excel
Jika menggunakan cara pertama untuk masuk kemicrosoft Excel, maka pada desktop harus sudah ada shortcut-nya terlebih dahulu. Apa bila belum ada, shortcut bisa di munculkan dengan cara berikut.
a. Klik kanan pada desktop
b. Pilih menu New, kemudian klik Microsoft Excel Worksheet.
Jika menggunakan cara kedua untuk masuk ke Microsoft Excel, maka lakukan cara berikut ini.
a. Klik menu Start
b. Pilih All Programs
c. Pilih Microsoft Office
d. Klik Microsoft Excel
Untuk cara yang ketiga bisa melalui Windows Explorer namun harus sudah ada file Excel yang pernah dibuat. Misalnya, jika file Excelnya ada di My Documents maka cara membukanya adalah sebagai berikut :
e. Klik menu Start
f. Pilih All Programs
g. Pilih Accessories
h. Klik Windows Explorer
i. Klik folder My Documents
j. Klik dua kali file Excel yang ada di My Documents

Setelah Microsoft Excel terbuka, akan tampil jendela Microsoft Excel. Dalam lembar kerja (Worksheet) Microsoft Excel terdapat elemen-elemen dan menu-menu yang mempunyai fungsi berbeda untuk menunjang kerja dari Microsoft Excel. Cara memasukkan data adalah dengan mengaktifkan sel pada lembar kerja tersebut. Setelah menentukan sel yang diaktifkan, ketiklah data sesuai dengan keinginanmu disel tersebut dan akhiri dengan menekan tombol Tab atau Enter.
Tombol Tab akan memindahkan sel yang aktif ke kolom berikutnya pada baris yang sama, sedangkan tombol Enter akan memindahkan sel yang aktif ke baris berikutny pada kolom yang sama.



Gambar : Tampilan lembar kerja Microsoft Excel

Latihan

1. Apakah yang dimaksud dengan perangkat lunak sistem aplikasi?
2. Sebutkan beberapa contoh dari sistem aplikasi pengolah kata yang anda ketahui!
3. Sebukan langkah-langkah untuk masuk ke Microsoft Word!
4. Sebutkan langkah-langkah untuk masuk kelembar kerja Microsoft Excel!
5. Bagaimana cara menutup jendela Microsoft Word apabila kita telah selesai menggunakannya?

BAB II
Fungsi dan Proses Kerja Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Telekomunikasi
Kata telekomunikasi berasal dari kata tele (jauh) dan communication (komunikasi). Jadi, telekomunikasi merupakan bentuk komunikasi jarak jauh untuk mengirim pesan dari suatu tempat ke tempat lain, dan biasanya berlangsung secara dua arah. Telekomunikasi merupakan semua bentuk komunikasi elektronik jarak jauh, diantaranya radio,, televise, telepon dan jaringan computer.
1. Telepon
Kata telepon berasal dari kata tele (jauh) dan phone (suara). Jadi, telepon merupaka alat komunikasi jarak jauh melalui sinyal listrik yang biasanya berupa suara. Awalnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell dengan telepon pertama dibuat di Boston. Massachusetts pada tahun 1876. Namun penemu Italia Antoni Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849. Oleh karena itu, pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh konggres Ameika, bukan Alexander Graham Bell.
Telepon
2. Radio
Radio merupakan teknologi yang membolehkn pengiriman sinyal oleh mudalasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas (merambat) lewat udara dan juga kevakuman angkasa, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkutan.
Radio
3. Televisi
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision, yang mempunyai arti masing-masing jauh. (tele) dan tampak (vision). Penemuan televisi tentuk tidak bias dipisahkan dari penemuan dasar-dasar hokum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang memulai era komunikasi elektronik.
Televisi
4. Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mecapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer antara lain :
a. membagi sumber daya, contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk,
b. komunikasi, contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
c. akses informasi, contohnya web browsing.
B. Proses Kerja Komputer
Komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Coputere yang artinya Menghitung, Dalam bahasa Inggris di sebut to compute. Komputer merupakan salah satu alat yang paling utama dalam mendukung teknologi informasi dan komunikasi. Komputer terdiri atas perangkat-perangkat yang dapat melakukan ribuan bahkan jutaan perhitungan dan proses pengulangan dalam waktu yang singkat, tepat dan akurat. Komputer di rakit dari perangkat keras (hardware) yang terdiri atas unit masukan, unit proses dan unit keluaran. Untuk menjalankan komputer diperlukan suatu instruksi-instruksi yang berasal dari manusia (brainware). Instruksi- instruksi inilah yang akan di jalankan oleh komputer untuk menghasilkan suatu informasi yang mendukung proses pengambilan keputusan. Instruksi tersebut dikenal dengan nama perangkat lunak (software).


c. Komponen dan Periferal Komputer
Komputer merupakan rangkaian dari berbagai komponen dan peripheral. Periferal adalah perangkat input/output yang merupakan bagian dari pendukung sitem. Secara garis besar, Komputer terdiri dari lima komponen utama yaitu :
1. Alat Masukan (Input Device)
2. Perangkat Pemrosesan (Central Processing Unit)
3. Alat Keluaran (Output Device)
4. Media Penyimpanan (Storage Devices)
5. Alat Bantu (Peripheral)

Bagian utama dari komputer adalah CPU (Central Processing Unit), yang berfungsi sebagai otak dari computer. Untuk dapat bekerja CPU memerlukan alat masukkan untuk memasukkan informasi atau perintah. Hasilnya akan dikeluarkan melalui alat keluaran. Informasi ataupun data dapat juga diambil dan disimpan dari dan kemedia penyimpanan. Selain itu, untuk memudahkan kerja, CPU juga memerlukan alat bantu (Periferal).
1. Alat Masukan (Input Device)
Alat masukan (input device) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam memori komputer.
Ada berbagai macam input device, tetapi kita hanya akan mempelajari beberapa yang paling sering digunakan.
Keyboard Mouse Digital Camera Scanner

Joystick Microphone
a. Keyboard
Keyboard merupakan peralatan masukan yang terdiri dari tombol-tombol huruf dan tombol-tombol fungsi. Bentuk keyboard ada yang standard an extended. Perbedaanya terdapat pada jumlah tombolnya di mana keyboard standar mempunyai 88 tombol sedangkan keyboard extended mempunyai tombol lebih banyak. Kedua keyboard tersebut mempunyai kemampuan yang sama.
b. Mouse
Mouse berfungsi untuk mengatur posisi pointer pada layer komputer. Dengan menggunakan mouse, kita dapat men-drag (menarik) dan men-drop (meletakkan) file.
c. Kamera digital adalah alat masukan berupa kamera yang dapat menangkap gambar, kemudian menyimpannya dalam media penyimpanan internal.
d. Scanner adalah peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di-scan.
e. Joystick merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah penggunaan komputer dalam melakukan permainan di komputer.
f. Microphone merupakan alat elektronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.

2. Perangkat Pemrosesan (Central Processing Unit)
Perangkat Pemrosesan (Central Processing Unit) merupakan pusat pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan data. Peralatan pemrosesan terdiri dari Control Unit (CU), Arithmatic Logic Unit (ALU) dan memory (pengikat).
Casing dari CPU
a. Control Unit (CU) bertugas untuk menerjemahkan perintah atau instruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian computer. Bagian ini merupakan kerja dari processor yang mengendalikan seluruh kerja komputer.
b. Arithmatic Logik Unit (ALU) berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan, penambahan, dan pengurangan, perbandingan-perbandingan serta logika.
c. Memory (Pengikat) adalah penampung atau penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer. Kemampuan untuk melakukan tugas tersebut tergantung pada kapasitas dari memori itu sendiri.
3. Alat Keluaran (Output Device)
Alat Keluaran (Output Device) merupakan perangkat pelengkap komputer untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil proses kerja komputer. Contoh-contoh Alat Keluaran (Output Device) yaitu :



LCD Monitor Projector
Speaker

Potter Printer
a. Monitor/Display
Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pemrosesan komputer secara visual baik berupa gambar maupun data.

b. Printer
Printer merupakan peralatan keluaran untuk menampilkan hasil pemrosesan komputer dalam bentuk tulisan maupun gambar.




c. Speaker

Speaker merupakan perangkat keluaran yang menampilkan sinyal suara, dimana sinyal tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara).

d. LCD Proyektor

LCD Proyektor dikenal sebagai monitor flat atau layer datar dengan resolusi rendah yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan.
e. Plotter

Selain Printer, ada hasil cetakan kertas dengan menggunakan plotter. Plotter digunakan untuk mencetak gambar yang ukurannya cukup besar, seperti gambar mesin dan kontruksi bangunan.
4. Media Penyimpanan (Storage Devices)
Media Penyimpanan (Storage Devices) berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan juga menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU. Peralatan penyimpanan ini dibagi menjadi dua yaitu memori internal (primary storage) dan memori eksternal (secondary storage).
a. Memori Internal (Primary Storage) merupakan memori yang ada dalam CPU yang terdiri dari ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces Memory).

1. ROM (Read Only Memory) merupakan memori yang bersifat permanen, yang dapat dibaca tetapi tidak dapat diperbaharui. ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer seperti program BIOS dan program booting.
2. RAM (Random Acces Memory) merupakan memori yang bersifat sementara, yang mana jika komputer mati, maka data atau program yang telah tersimpan akan hilang. Memori ini bias membaca, menulis serta menyimpan data dan program
b. Memori eksternal (secondary storage) merupakan media penympanan data atau program-program yang bersifat tetap. Contohnya harddisk, floppy disk, CD ROM, flash disk dan lain-lain.

1. Harddisk merupakan media yang digunakan sebagaialat booting dan menyimpan data. Harddisk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu IDE (Integrated Device Electronics) dan SCSI (Small Computer Syistem Interfance). Jenis IDE mempunyai 40 pin dan SCSI mempunyai 50 pin




2. CD-ROM adalah media penyimpanan dalam bentuk kepingan cakram



3. Floppy Disk yang biasa disebut disket merupakan media penyimpanan data juga, namun dengan kapasitas yang relatife kecil.



4. Flashdisk merupakan alat untuk menyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB.



5. Alat Bantu (Peripheral)

Alat Bantu (Peripheral) adalah peralatan-peralatan yang digunakan untuk meningkatkan kinerja komputer. Ada banyak peralatan-peralatan tantambahan antara lain :
a. networking adapter, yaitu untuk membangun jaringan komputer
b. modem yaitu untuk koneksi internet melalui jaringan telpon
c. TV Card yaitu untuk menampilkan tayangan televisi pada komputer
d. Video Card yaitu sebagai penghubung (interface) komputer dengan video display seperti monitor dan LCD
e. Sound Card yaitu interface antara CPU dengan audio (input-output device) seperti mik dan speaker.
D. Fungsi dan Proses Kerja Jaringan Komputer
1. Pengertian dan Manfaat Jaringan
Dalam perkembangan pertamanya, jaringan kumputer masih menggunakan kabel koaksial. Kini, jaringan dihubungkan dengan kabel serat Optik (fiber opteics) atau komunikasi tanpa kabel (nirkabel). Konsep Jaringan lahir pada tahun 1940-an di Amerika Serikat dari proyek pengembangan Komputer model I di Laboratorium Bell dan juga dari grup riset Harvard University yang dipimpin oleh Professor Howard Aiken. Pada tahun 1950-an muncul komputer besar yang disebut dengan Superkomputer.
Pada saat ini, konsep jaringan dikenal dengan nama TSS (Time Sharing Sistem) dimana pada sistem jaringan ini beberapa komputer terminal terhubung secara seri kesebuah komputer utama (Host Komputer). Pada tahun 1970-an muncul sistem jaringan proses distribusi (Distributed Processing). Pada sistem jaringan ini, komputer terdiri atas beberapa komputer utama (host) yang dapat mengerjakan pekerjaan besar secara paralel dan dapat melayani beberapa komputer terminal yang tersambung secara seri di setiap komputer utama. Pada tahun 1980-an, penggunaan jaringan komputer sudah beragam dalam hal menangani proses bersama dan komunikasi antarkomputer. Teknologi seperti ini dikenal dengan nama LAN (Lokal Area Network).
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkat dengan cepat, terutama dalam hal jaringan Komputer, maka pada tahun 1988 jaringan komputer mulai digunakan di Universitas-universitas.

2. Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Teknologi Transmisi

Jenis Jaringan berdasarkan teknologi Transmisi dibagi menjadi dua yaitu :
D. Jaringan BoardCast adalah jaringan yang menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer atau mesin yang terhubung pada jaringan ini secara bersam-sama.
E. Jaringan Point – to – Point adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer atau mesin yang seringkali harus memiliki banyak rute karena jaraknya berbeda.

F. Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Jarak

Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Jarak dibagi menjadi tiga yaitu :
1. Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer atau Workstation yang satu dengan komputer lain.
Dalam jaringan LAN terdapat satu komputer yang biasa dijadikan file server. Fungsinya adalah untuk memberikan layanan perangkat lunak (software), mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file. Pada LAN kecepatan transmisinya sekitar 10 s.d. 100 Mbps dengan delay rendah dan faktor kesalahan kecil.
2. Metropolitan Are Network (MAN) yaitu jaringan yang mempunyai area lebih luas dari LAN. Jaringan ini disebut sebagai Jaringan Area Metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu propinsi. Jarak yang ditempuh oleh MAN berkisar 10 - 50 km. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antar kantor-kantor yang letaknya berdekatan dalam kota yang sama.
3. Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang luas. Dengan WAN dapat menghubungkan jaringan antarnegara bahkan benua. Salah satu tujuan pembuatan WAN adalah untuk menyediakan layanan E-mail, World Wide web (WWW) dan transfer file. Teknologi yang biasa dipakai WAN adalah Modem, ISDN (Integrated Service Digital Network), DSL (Digital Subscriber Line) dan Frame Relay.

4. Topologi Jaringan (Bentuk Jaringan)
Topologi jaringan adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan lainya sehingga membentuk jaringan. Topologi jaringan pada umumnya dibagi atas :
1. Topologi Mesh adalah topologi dimana semua komputer terhubung pada suatu Setral atau node. Kelemahan Topologi jaringan ini adalah kurang ekonomis karena relatif mahal dalam pengoperasiannya.






Gambar Jaringan Topologi Mesh
2. Topologi Bus
Topologi Bus yaitu jenis topologi satu titik kabel utama akan menghubungkan ke dua titik kabel yang berbeda.
Keunggulannya adalah mudah dalam menambah workstation baru tanpa menggangu workstation lan. Kelemahannya bila terjadi gangguan kabel pusat, maka seluruh jaringan dalam workstation akan terganggu.










Gambar Jaringan Topologi Bus


3. Topologi Ring (Cincin)
Topologi Ring (Cincin) yaitu jenis topologi yang berbentuk lingkaran seperti halnya ring atau cincin. Kedua ujung dari titik workstation saling terhubung. Topologi Ring dapat terdiri atas sejumlah Repeater. Masing-masing terhubung ke dua repeater lainnya melalui jalur transmisi tidak langsung untuk membentuk sebuah jalur tertutup tunggal.
Keunggulannya pada topologi ring tidak akan terjadi tabrakan data karena hanya satu node (sentral) yang dapat mengirimkan data pada suatu saat pengiriman. Kelemahannya setiap node akan menerima informasi dan mengelolanya untuk selanjutnya diterima atau dilewatkan, sehingga bila terjadi gangguan pada salah satu node, maka seluruh jaringan akan terganggu.







Gambar Topologi Jaringan Ring (Cincin)
4. Topologi Star (Bintang)
Topologi Star yaitu suatu topologi yang terdiri atas satu peranti jaringan yang bertindak sebagai konsentrator seperti Hub atau Switch yang bertugas untuk mengatur dan mengendalikan semua komunikasi data yang terjadi.
Keunggulannya adalah penambahan jumlah saluran hanya dilakukan oleh satu komputer saja sebagai sentaral dengan menggunakan Hub, dapat meningkatkan unjuk kerja jaringan, dan memiliki bandwidth atau lebar jalur komunikasi yang lancar karena setiap komputer mempunyai kabel sendiri dan bila terjadi gangguan pada salah satu kabel, maka workstation yang bersangkutan saja yang mengalami gangguan server. Kelemahan sistem ini membuat komputer sentral memiliki beban yang cukup berat yang memungkinkan terjadinya kerusakan atau gangguan pada komputer sentral.









Gambar topologi jaringan Star
5. Topologi Tree

Topologi jaringan ini disebut juga dengan jaringan pohon atau jaringan bertingkat. Topologi jenis ini digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat atau hirarki yang berbeda. Topologi jaringan ini paling umum digunakan karena memiliki kehandalan, yaitu jika salah satu kabel putus pada workstation atau client, tidak akan mempengaruhi hubungan workstation atau client lainnya.








Gambar topologi jaringan Tree
5. Komponen Perangkat Keras untuk Membangun Jaringan
Untuk membangun jaringan LAN dibutuhkan beberapa komponen penting, diantaranya sebagai berikut :
a. Komputer server, yaitu suatu komputer yang dijadikn sebagai pusat atau pengendali yang berisi program dan data serta berfungsi sebagai penyedia layanan kepada komputer atau program lain yang sama atau berbeda.
b. Komputer untuk client (workstation), yaitu komputer yang dijadikan sebagai klien, yang bekerja sebagai pengelola data yang diakses dari komputer server.
c. LAN card atau NIC (Network Interfance Card) yaitu perangkat keras untuk melakukan komunikasi antar komupter atau jaringan.
d. Hub, digunakan untuk menghubungkan beberapa segmen ethernet menjadi satu segmen.
e. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) digunakan untuk menghubungkan komputer dalam satu jaringan.
f. Konector RJ 45, digunakan sebagai penghubung kabel UTP

Selain Komponen perangkat keras di atas, peralatan lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan atau memperluas jaringan (Internetworking) adalah sebagai berikut :
a. Swith, berfungsi untuk mengalokasikan jalur lalulintas data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tujuan. Dengan menggunakan switch, lalulintas data dari dan ke beberapa segmen jaringan dapat dilakukan secara bersama-sama.
b. Repeater, merupakan periferal untuk mengulangi sinyal yang diterima sebelum dikirim kealamat tujuan dalam sistem jaringan. Repeater ini dapat tergabung dengan hub yang sering disebut dengan hub aktif.
c. Bridge, merupakan periferal jaringan yang menghubungkan beberapa segmen jaringan sepanjang jarur data. Periferal ini digunakan untuk membangun beberapa jaringan.
d. Router, berfungsi untuk memilih jaringan utama dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Router hanya dapat bekerja berdasarkan sebuah protokol jaringan. Periferal juga digunakan untuk menggabung beberapa jaringan.
e. Gateway, yaitu alat yang dipakai jika lapisan OSI (Open Sistem Interconection) dari dua buah jaringan LAN benar-benar tidak identik. OSI merupakan suatu standar komunikasi antarmesin yang terdiri atas 7 lapisan.

6. Peralatan Jaringan

Hubungan komunikasi antarkomputer harus menggunakan suatu peralatan yang dipasang dalam sistem jaringan. Peralatan tersebut antara lain:
a. Kartu Antarmuka Jaringan (Network Interfance Card)
Kartu antarmuka jaringan (Network Interfance Card) yang disingkat NIC atau juga disebut adapter merupakan peralatan utama yang harus ada untuk menunjang komunikasi antarkomputer. Ada beberapa kartu antarmuka jaringan yang tersedia dipasaran seperti : Ethernet, Arcnet, dan token ring. Dari ketiga kartu antarmuka jaringan tersebut, yang sering digunakan adalah Ethernet.
b. Media Penghubung jaringan
Media penghubung jaringan secara garis besarnya dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Jaringan menggunakan kabel (Wired Network)
Ada beberapa macam kabel yang sering digunakan pada jaringan komputer antara lain :
a. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
b. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
c. Kabel Koaksial
d. Kabel Serat Optik







Kabel UTP
Kabel Koaksial




Kabel serat optik

2. Jaringan Tanpa kabel (Wireless Network)

Hubungan antarkomputer pada jenis jaringan ini tidak memerlukan media kabel, sehingga sinyal yang dikirim berupa gelombang elektromagenetik. Cepat tidaknya hubungan komunikasi antarkomputer salah satunya dipengaruhi oleh jangkauan frekuensi, yang dikenal dengan istilah bandwidth. Semakin lebar bandwidth yang digunakan, semakin cepat pula transmisinya. Dewasa ini, jaringan nirkabel banyak menggunakan Wi-Fi karena harganya yang semakin murah dan pemasangannya yang mudah. Wi-Fi sendiri adalah Wireless Fidelity yang merupakan produk standar untuk jaringan nirkabel dan Wireless Local Area Network (WLAN). Jaringan ini menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi. Komputer yang menggunakan teknologi ini dapat menggunakan perangkat tambahan berupa Wi-Fi card yang berbasi PCI.
PCMCI Wireless
PCI Wireless

Access Point
7. Protokol Jaringan

Protokol jaringan merupakan suatu peraturan yang sama dalam cara berkomunikasi antarkomputer sehingga dapat saling bertukar informasi. Protokol untuk sistem jaringan dibagi menjadi dua yaitu :
a. Protokol Antarperalatan Jaringan
Protokol ini mampu mengatur bentuk dan jenis data yang dikirim, menentukan besaran listrik yang digunakan, jenis dan banyaknya kabel yang digunakan untuk proses transmisi.
b. Protokol dari Sistem Operasi yang digunakan
Sistem operasi NetWare menggunakan protokol utama IPX/SPX, Microsoft menggunakan protokol NetBeui, sedangkan protokol standar pada internet menggunakan protokol TCP/IP.
8. Cara Kerja Jaringan
Cara kerja jaringan komputer dapat dilihat dari tipe Jaringannya. Tipe Jaringan terdiri atas jaringan berbasis server dan jaringan peer to peer.
a. Jaringan berbasis Server
Jaringan berbasis server atau disebut juga client-server terdiri dari server yang biasanya menggunakan sistem operasi Windows 2000 server, dan client yang menggunakan sistem operasi Windows 98SE, Windows 2000 profesional, Windows XP atau sistem operasi lainnya. Semua workstation yang terhubung dalam jaringan ini dikelola oleh pengontrol domain (server). Dengan melalui pengontrol domain inilah semua account workstation atau user dikumpulkan dan disimpan database-nya. Jadi, dengan menggunakan jaringan berbasis server ini, workstation, bisa berhubungan dengan workstation lain apabila ada ijin dari pengontrol domainnya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data dari pengguna yang tidak berkepentingan.
b. Jaringan Peer to Peer
Pada jaringan peer to peer, setiap komputer dapat membuat account user dan berbagi sumber (sharing) dengan komputer yang lain dalam satu jaringan, sehingga bersifat sebagai server sekaligus bersifat sebagai workstationnya. Tipe jaringan jenis ini tidak membedakan sistem operasi yang digunakan antara server dengan workstationnya. Umumnya, jaringan tipe ini diorganisasikan dengan sebuah worgroup. Sistem operasi yang biasa digunakan antara lain : Windows 98, Windows NT Workstation, dan Windows 2000 profesional. Hubungan antara workstation tidak ada perijinannya sehingga keamanan data relative kurang.
9. Modem (Modulator Demodulator)
Modem (Modulator Demodulator) adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain atau alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Agar akses internet berjalan dengan cepat, gunakan modem yang kecepatan transfer datanyaagak tinggi. Misalnya modem 56 kbps (KiloByte per second), artinya alat tersebut dapat mentransfer data sebanyak 56 karakter dalam satu detik. Terdapat dua jenis modem yang ada di pasaran, yaitu:
a. modem internal
b. modem eksternal
Merek modem yang dapat anda temukan di pasaran antara lain :
a. Robatik d. TP-Link
b. Prolink e. D-link
c. Rockwell


E. Mendemonstrasikan Fungsi dan Cara Kerja Perangkat Lunak Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perangkat lunak merupakan kumpulan dari instruksi-instruksi yang akan mengatur kerja komputer. Kegunaan dari perangkat lunak antara lain :
a. sebagai pengatur kinerja komputer
b. mengatur informasi dan data pengguna
c. mengidentifikasi program
1. Jenis-Jenis Perangkat Lunak
Ketika mengoperasikan komputer , kita harus menggunakan perangkat lunak sebab perangkat lunak merupakan pengatur dari perangkat keras komputer dan mengorganisir seluruh kerja komputer. Perangkat lunak terdiri dari Perangkat lunak system operasi, perangkat lunak system aplikasi dan perangkat lunak utility.
a. sistem Operasi
Dalam Ilmu komputer, Sistem Operasi (SO, atau dalam bahasa Inggris: Operating System atau OS) adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi. Sistem operasi yang terkenal dan sering digunakan adalah Linux, Windows, Unix, Mac
b. Sistem Aplikasi
Sistem aplikasi merupakan perangkat lunak penunjang tujuan tertentu. Misalnya sistem aplikasi yang biasa digunakan untuk pekerjaan kantor adalah Microsoft Office, Word Perfect, Blue, Benchmarck Word Processor dan Word Vision.
Sistem aplikasi yang biasa digunakan untuk pekerjaan grafis adalah Corel Graphics Suite 11 dan Adobe Photoshop 7.0, sedangkan sistem aplikasi untuk mebuat desain biasa menggunakan Autocad 2002.
c. Utility
Perangkat lunak utility adalah perangkat lunak yang dipakai untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat keras komputer. Dalam perangkat lunak utility, pengguna komputer dapat melakukan perbaikan kinerja komputer dengan melakukan penginstalan perangkat lunak. Misalnya untuk meningkatkan kecepatan kinerja VGA dalam menampilkan gambar tiga dimensi, komputer dapat diinstal dengan Direct 9.0, atau jika ingin melakukan perawatan terhadap sistem, maka komputer bisa diinstal dengan program antivirus untuk mencegah virus masuk ke sistem.
2. Mendemonstarikan Cara Kerja Perangkat Lunak Aplikasi Komputer
Bagian dari komputer yang sangat berpengaruh dalam mengeksekusi atau mengelola sebuah perngkat lunak aplikasi komputer adalah sistem operasi. Sistem operasi juga akan membagi tugas kepada RAM saat mengerjakan perintah komputer. Oleh karena itu, sistem operasi juga menentukan apakah sebuah sistem bisa mengerjakan multi tasking atau tidak.
Berikut ini akan dibahas Microsoft Word sebagai contoh untuk mendemonstrasikan cara kerja perangkat lunak aplikasi. Setelah anda hidupkan komputer, komputer melakukan prose booting. Setelah semua langkah kerja booting selesai dikerjakan, program akan masuk kedestop operasi sistem, dalam hal ini Windows XP. Untuk masuk kejendela Microsoft Word, Anda bisa mengklik Start. Sesaat kemudian akan muncul pilihan beberapa aplikasi, Pilihlah All Programs, kemudian klik Program aplikasi Microsoft Word.


Setelah masuk kejendela Word, langkah awal sebelum menulis adalah menentukan margin dan ukuran kertasnya. Langkah yang ditempuh adalah dengan mengklik menu File, kemudian klik Page Setup. Setelah muncul kotak dialog Page Setup, klik menu Margins dan tentukan nilai Margin-nya dengan mengisi batasan nilainya di kotak isian Margins. Apabila ingin mengguna kan ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mengklik menu Paper. Untuk memilih ukuran kertas yang ingin digunakan, klik panah bawah kotak isian Paper size dan pilih ukuran yang diingin dipakai. Jika sudah sesuai, maka klik tombol OK.
Setelah menyelesaikan pengetikan dan pengeditan, selanjutnya Anda bisa mencetaknya pada lembaran kertas dengan menggunakan Printer Langkah-langkah untuk mencetak pada lembaran kertas adalah sebagai berikut :
a. Klik File, kemudian pilih Print.
b. Tunggu sampai muncul kotak dialog seperti gambar berikut
c. Pilih jenis printer yang diguna kan pada daftar pilihan Name.
d. Apabila perlumelakukan pengaturan percetakan, klik Propertis.
e. Pilih nomor halaaman yang ingin dicetak dengan mengklik pilihan Page range.
1. All, untuk mencetak semua kembar dokumen.
2. Current page, untuk mencetak halaman tertentu.
3. Pages, untuk mencetak sesuai dengan halaman yang dipilih.

f. Klik OK untuk melakukan pencetakan.
Apabila telah selesai menggunakan program aplikasi Microsoft Word Anda bisa menutup jendela Word dengan mengklik Close (tanda silang) dikontrol jendela yang terletak disudut kanan atas jendela Word atau dengan mengguna kan menu File.


Kontrol Jendela


Tampilan keluar dari jendela Word menggunakan menu file












BAB III
Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Menerapkan Aturan Etika dan Moral dalam Menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak TIK

Seseorang atau perusahaan yang membuat produk baru dapat mendaftarkan hasil ciptaan produknya ke instansi pemerintah yang berwenang atau badan hak paten dunia. Hal tersebut dilakukan agar produk barunya tidak bias ditiru, dipalsukan, ataupun digandakan oleh seorang ataupun perusahaan lain.
Dalam dunia teknologi dan informasi khususnya computer, hak paen terhadap merek dagang jga diberlakukan. Merek-merek dagang yang telah mendapat hak paten akan mendapatkan kekuatan hukum, sehingga produk ciptannya tidak bisa dipakai orang atau perusahaan lain tanpa seijin pemilik hak cipta/paten. Apabila seseorang atau peusahaan ingin memakai produk tersebut, maka harus membeli ke pemilik hak paten.
Beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar pembuat perangkat lunak antara lain sebagai berikut.
• Microsoft Corp. Mengeluarkan produk software system operasi Microsoft Windows, MS DOS, software aplikasi Microsoft Office, dan lain-lain.
• Adobe Corp. Mengeluarkan software aplikasi Adobe Photoshop, Adobe PageMaker, Adobe ImageReady dan software utility Adobe Acrobat Reader, dan lain-lain.
• Corel Corp. Mengeluarkan software aplikasi CorelDraw, WordPerpect, dan lain-lain.
• Winzip Computing Corp. Mengeluarkan program utility Winzip, dan lain-lain.
• Xing Technolgy Corp. Mengeluarkan program multimedia XingMPEG Player, dan lain-lain.
• Norton Corp. Mengeluarkan produk antivirus Norton, dan lain-lain.
Usaha untuk menghasilkan ide atau gagasan hingga mewjudkannya menjadi suatu produk, tentulah tidak mudah. Perlu banak pengorbanan baik materi, wakt, pikiran, maupun tenaga. Oleh karena itu, merupakan kewajiban bagi kita bagi kita untuk menghargai hasil karya orang lain, khususnya perangka lunak komputer.
• Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten.
• Tidak mengubah, mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.
• Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan.
• Menggunakan perangkat lunak yang asli.

B. Menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK.

Semua pekerjaan baik di perusahaan, kantor, bengkel, mapun di luar ruangan seperi di jalan raya mengutamakan fakor kesehatan dan keselamatan kerja (K3), karena hal tersebut ikut menentukan sukses tidaknya suatu pekerjaan. Oleh karena itu, di setiap unit kerja biasanya terdapat departemen yang mengurusi kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya.
Saat kita menggunakan komputer, apalagi bekerja memakai computer seharian penuh, tent sangat melelahkan. Meskipn hanya duduk dan mengoperasikan computer, namun pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja jga diperlukan. Ketahanan seseorang di depan computer dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain: Pengatuan posisi duduk yang benar, pengaturan cahaya, dan pengaturan jarak pandang antara pengguna dengan monitor.

1. Bagian-bagian peralatan compute yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja

Bagian dalam computer tersusun dari rangkaian yang berarus listrik sehingga kesehatan dan keselamatan kerja penggunanya benar-benar diperhatikan. Beberapa hal yang membahayakan kesehatan dan keselamatan pengguna computer adalah sebagai berikut.
a. Pemasangan kabel penghubung listrik dengan CPU harus benar sehingga tidak menimbulkan hubungan pendek pada rangkaian listriknya.
b. Perhatikan masukan tegangan listrik ke CPU, apakah tegangannya naik turun atau tidak, sebab dengan tegangan yang tidak stabil dapat mengakibatkan CPU rusak.
c. Gunakan ground listrik yang baik agar tidak menyisakan tegangan listrik pada casing atau monitor, sehingga pengguna computer tidak terkena setrum.
d. Atur jarak antara mata dengan monitor sesuai dengan aturan bila perlu gunakan screen filters di monitor.
e. Jangan menggunakan keyboard dengan memukul.
2. Posisi Duduk dan Jarak Pandang Dengan Monitor Yang Benar
Saat menggunakan computer, pengguna computer harus memperhatikan posisi duduknya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerjanaya. Posisis duduk yang baik di antaranya menggunakan kursi yang ada sandarannya dan hendaknya posisi tidak terlalu menengadah sehingga pandangan sejajar dengan monitor. Penempatan keyboard dan mouse disarankan tidak terlalu sulit atau sesuai dengan jangkauan tangan. Posisi duduk ang nyaman akan membuat pengguna computer dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerjanya.
Jarak pandang yang benar dengan monitor juga penting diperhatikan. Jika mengabaikan hal tersebut, maka akan berakibat mata cepat lelah, mata sakit, leher terasa tengang, badan menjadi pegal, dan lain sebagainya. Jarak pandang yang baik antara mata dengan monitor adalah 46-47 cm. Selanjutnya, perhatikan pula pencahayaan di ruangan tersebut. Pengaturan cahaya yang baik akan mengurangi radiasi dari caha monitor ke mata. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memakai screen filter (kaca peredam) yang dipasang pada monitor. Pengaturan jarak pandang yang benar akan mengurangi kelelahan pada mata.
Berikut ini hal-hal penting yang harus diperhatikan saat menggunakan computer.
a. Gunakan kursi yang nyaman, dianjurkan menggunakan kursi yang dapat digerakkan ke depan dan ke belakang.
b. Upayakan posisi monitor 2-3” (5-8 cm) di atas pandangan.
c. Hindari sinar ang menyilaukan, jika pelu gunakan screen filter.
d. Atur jarak badan dengan monitor sekitar satu lengan.
e. Upayakan kaki berpijak pada lantai atau pijakan pada meja computer dengan nyaman.
f. Gunakan penyangga dokumen (document holder) saat mengetik naskah yang diletakkan sejajar dengan layar monitor.
g. Tempatkan keyboard dan mouse pada tempat yang mudah dijangkau.
h. Upayakan lengan dan siku dalam keadaan rileks dan berada di samping badan.
i. Letakkan monitor dan keyboard lurus dengan pandangan.
j. Gunakan meja keyboard yang bisa diubah kemiringannya dengan posisi mouse menyesuaikan posisi keboard. Jika kemiringan keyboard ke atas, maka mouse diletakkan lebih tinggi, sedangkan jika kemiringan meja keyboard kebawah, maka mouse diletakkan lebih rendah.
k. Gunakan meja computer dan meja keyboard yang stabil (tidak ada goncangan).
l. Cukupkan frekuensi istirahat sejenaka untuk melepas lelah.
C. Menghargai Haka Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Dalam TIK
Pemerintah Indonesia berupaya untuk melindungi hasil karya cipta seseorang atau perusahaan dari pemalsuan, penggandaan, menyiarkan, memamerkan, dan pengedarannya. Oleh karena itu, pemerintah Republik Indonesia telah membuat undang-undang perlondungan tentang Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu Undang-undang No. 19 tahun 2002 tentang pelindungan Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang memebrikan sanksi terhadap pelanggaran tersebut. Berikut ini adalh kutipan tentang ketentuan pidana dalam hal pelanggaran hak cipta yang diatur dan ditetapkan berdasarkan Undang-undang No. 19 yahun 2002 (pasal 72, Ayat: 1,2, dan 3).
1. Barang siapa dengan sengajadan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana denan penjara masing-masing sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau dendan paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
2. Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana di maksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana paling lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
3. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program computer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Dari hal tersebut diatas, jika mengutip atau mengopi hasil karya orang Lain maka diwajibkan untuk minta ijin kepada pemegang hak ciptanya. Adapun cara yang perlu dilakukan tentu tidak harus datang keperusahaan pembuat produk, namun cukup dengan membeli produk software asli yang sudah ada dipasaran. Hal tersebut dikarenakan izin atau lisensi dari perusahaan pembuat sudah terdapat di dalam produknya untuk digunakan secara bebas.

Sebetulnya untuk mengatasi masalah tersebut, kita bias mencari software yang freeware dab shareware artinya software tersebut dapat digunakan dan dikembangkan secara bebas tanpa harus minta ijin kepada pembuatnya. Di pasaran banyak terdapat software yang freeware, salah satunya program linux. Program linux sendiri terdiri dari beberapa macam system operasi seperti Redhat, Fodore Core, Mandrake, Suse, Knoppix, dan lain sebagainya.

Namun dalam kenyataannya, masyarakat sering mengabaikan hal tersebut. Kebanyakan masyarakat lebih sering menggunakan software tanpa ijin atau software bajakan. Maraknya pembajakan software oleh masyarakat disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

1. Pendapatan masyarakat yang relatif kecil.
2. Tingkat pendidikan yang relatif masih rendah.
3. Harga ijin atau lisensi software yang relative mahal.
4. Control pemerintah yang tidak tegas.

Adanya undang-undang tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa pemerintah menjamin dan melindungi setiap orang atau perusahaan untuk terus berkarya dengan tidak mengabaikan kepentingan masyarakat luas. Artinya, dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa pemegan hak cipta dapat memberikan ijin kepada pihak lain untuk memperbanyak ciptaannya guna kepentingan pendidikan, serta kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Komputer DNA Nyontek dari Makhluk Hidup.
Computer DNA berawal dari ide Leonard M. Adleman, seorang ilmuan computer yang bekerja di Univercity of Southern California. Computer dan DNA merupak dua istilah yang berbeda.











BAB IV
Sistem Operasi Komputer









A. Operasi Dasar pada Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi atau Operating system (OS) merupakan sebuah penghubung antara user (pengguna komputer) dengan hardware (perangkat keras) computer. Sebelum ada OS, orang menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinya digital. Sebagai contoh, komputer yang digunakan untuk mengontrol oven microwave memiliki tugas sangat sederhana dengan alat input dan alat output sederhana pula.

1. Pengertian Sistem Operasi
Pengertian OS secara umum adalah suatu perangkat yang mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan pengguna serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer. Fungsi OS adalah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan dan penggunaan komputer yang tidak perlu. Dengan kata lain, OS dapat disebut sebagai kumpulan dari software (perintah atau Program) pengendali hardware, antara lain disk drive, hardisk, CD/DVD-ROM atau DVD/DVD-RW, monitor , keyboard, mouse, scanner, atau printer. Os juga merupakan perantara user dalam menggunakan program aplikasi, seperti program pengolah kata, pengolah angka, pengolah grafik dan presentasi.





Dalam perkembangannya sejarah OS dibagi menjadi 4 bagian
a. Generasi Pertama (1945 – 1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Hal itu disebabkan para pecipta sistem komputer menyadari bahwa kecepatan manusia untuk menghitung sangat terbatas. Di samping itu, manusia juga sangat mudah membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini, belum ada sistem operasi. Oleh karena itu, sistem kommputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

b. Gebarasi Kedua (1955 – 1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada. Contoh fungsi sistem operasi yang berembang pada masa ini ialah FMS dan IBSYS.

c. Generasi ketiga (1965 – 1980
Pada generasi ini, sistemoperasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus. Para pemakai dapat berkomunikasi secara interaktif lewat terminal secara on-line ke komputer. Dengan demikian, sistem operasinya menjadi multi-user dan multi-programming.

d. Generasi keempat (Pasca 1980–an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dengan para pemakainya menyadari bahwa keberadaan komputer-komputer yang digunakan saling terhubung satu sama lain. Pada masa ini, para pengguna juga telah diberikan kenyamanan dengan Graphical User Interface (GUI), yaitu antarmuka komputer berbasis grafis yang sangat nyaman. Pada masa ini, juga dimulai era komputasi tersebar, yaitu komputasi-komputasi yang tidak lagi dimulai berpusat pada satu titik, tetapi dipecah di banyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
Seiring dengan perkembangannya pengetahuan dan teknologi, saat ini terdapat berbagai OS dengan berbagai keunggulan masing-masing.OS yang paling banyak digunakan adalah OS di lingkungan komputer pribadi (personal computer). Tabel berikut menyajikan berbagai jenis OS yang cukup populer dan keteranan tentang OS tersebut.

Jenis Operating System (OS) Keterangan
DOS DOS (Disk Operating System) merupakan awal system operasi yang dipakai oleh IBM PC (disebut PC-DOS) dan PC yang kompatibel dengan IBM PC disebut dengan MS-DOS. Versi DOS yang pertama dikeluarkan pada tahun 1982 dalam sebuah disket. Saat ini sistem operasi ini tidak lagi digunakan.
Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows XP, dan Windows Vista Sistem operasi ini menggunakan antarmuka grafis yang dibuat oleh Microsoft.mempunyai kemampuan multitasking dan dapat digunakan untuk kerja tim dengan membenetuk jaringan sederhana. Sistem ini juga mendukung Plug and Play yaitu secara otomatis dapat mengkonfirmasi perangkat keras baru yang ditambahkan dalam sistem
Windows NT, Windows 2000 Sistem operasi ini juga antargrafis dan biasanya digunakan sebagai server. Windows NT dikeluarkan tahun 1993, kemudian tahun 2000 dikeluarkan Windows 2000.
Novel Netware Sistem operasi ini digunakan untuk LAN (Local Area Network) atau jaringan lokal.
OS/2 Sistem operasi ini untuk IBM PC. System ini digunakan dalam handled computer
UNIX Sistem operasi ini dapat digunakan di berbagai lingkungan dari PC sampai MainFrame. AIX(IBM), digital UNIX dan solaris adalah contoh-contoh UNIX
LINUX Sistem operasi semacam UNIX dan diciptakan oleh Linus Torvalds. Sistem ini sebagai pesaing Sistem Operasi Windows

2. Fungsi Sistem Operasi
Telah disinggung sekilas pada pembahasan sebelumnya bahwa OS merupakan perangkat lunak sistem yang berisi program-program. Program-program ini mempunyai fungsi dan pekerjaan yang berbeda-beda. Fungsi-fungsi yang berbeda itulah yang membantu menyelesaikan pekerjaan. Beberapa fungsi OS, antara lain sebagai berikut :
a. Sistem Booting
Proses booting terjadi pada saat dimulainya menghidupkan sistem komputer. Pada tahap ini, OS akan mengecek dan menyimpan konfigurasi hardware, seperti monitor dan memeori internal.
b. Manajemen Proses
Inti proses yang ada di dalam memori utama adalah mengarahkan pengembalian program ke dalam memori utama untuk dieksekusi oleh CPU. Selanjutnya, OS megola memori tersebut, yaitu partisi lokasi memori dan urutan data dalam memori
c. Manajemen Memori
Fungsi OS yang lain adalah mengelolah memori yang terdiri dari partisi per program dari virtual memori. Hal ini dilakukan dengan mensimulasikan hardisk sebagai perluasan dari mempri utama.
d. Manajemen file
Pengaturan dan pengaksesan file yang disimpan dalam penyimpanan sekunder juga menjadi tugas OS. OS membuat dan mengatur struktur direktori serta operasi-operasi terhadap file sebagai contoh copy, delete, dan paste.
e. Task Management
Pekerjaan atau task yang dilakukan oleh OS dapat diatur dengan pengaturan seperti table dibawah.
Multitasking Satu Satu Bersmaan
Multiprograming Banyak Satu Bersamaan
Time Sharing Banyak Satu Round
Multiprocessing Satu/lebih Banyak Simultan

f. Formating
OS digunakan untuk memformat disket yang belum siap dipakai sehinga siap untunk dipakai oleh user.
g. Keamanan Data
OS mengelola akses control terhadap file, seperti dalam penggunaan password.

h. User Interface
OS menyediakan interface (antarmuka) yang berbasis grafis atau GUI (Graphic User Interface) agar user dapat bekerja dengan perangkat lunak lainnya.
i. Toleransi Kesalahan
OS akan menangani kesalahan yang ada sehingga computer tetap akan berjalan ketika terjadi kesalahan. Kesalahan yang akan ditangani, antara lain kesalahan memori, komponen computer yang berulang-ulanga, dan kesalahan user.

3. Sistem Operasi dengan BIOS

Pada bagian sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa fungsi OS adalah sebagai penghubung antar user dengan hardware computer. Di samping itu juga terdapat suatu komponen yang berfungsi sebagai penghubung dan penyimpan. Komponen itu berada didalam computer dan dibuat oleh pabrik computer. Komponen itu disebut BIOS (Basic Infut Output system). Fungsi BIOS dugunakan sebagai perintah internal seperti DIR, COPU, DEL, dan RENAME. BIOS tidak boleh hilang. Oleh karena itu, BIOS langsung dibuat dan dipasang didalam computer oleh pabrik pembuatnya. Adapun OS merupakan kumpulah perintah untuk mengatur, mengontrol, dan mengendalikan segala kegiatan computer, seperti menerima masukan, memprosesnya, dan mengeluarkan hasil. Sebagai contoh OS mengerjakan perintah eksternal, seperti FORMAT dan DISKCOPY.

4. Sistem Operasi Windows

Perhatikan kembali Tabel 4.1 sebagai jenis operating system (OS) muncul seperti pada table tersebut. Hal ini disebabkan oleh adanya kemajuan teknologi. Masing-masing OS mempunyai keunggulan. Kita tidak akan membahas secara keseluruhan OS tersebut. Kita hanya akan memperhatikan jenis OS Windows saja karena sampai saat ini OS Windows merupakan OS yang paling banyak berminat dan penggunanya.
OS “Windows” dibuat oleh perusahaan Microsoft yang terletak di Amerika dan dipimpin oleh Bill Gates. OS Windows mengalami beberapa kali perubahan dan perbaikan. Pada akhir tahun 1980 (awal tahun 1990-1994) dikenal system operasi Windows 3.0. Selanjutnya, Windows 3.1.1 dikenal dengan generasi Windows 3.x kemudian mengalami perubahan menjadi Widows 95. Setelah itu, Microsoft meluncurkan Windows 98 (Windows 9.x) yang berubah lagi menjadi Windows 2000. Windows seri berikutnya adalah Windows ME. Windows ini merupakan seri up-grade (peningkatan kualitas) dari Windows 98. Dalam Windows ME telah di masukkan perangkat lunak untuk memainkan music digital dan video, pengaturan untuk jaringan di rumah, serta kemudahan memperbaiki dari adanya kemungkinan kerusakana system. Selain itu, juga dikenal “Windows NT”, yaitu system operasi yang di khususkan untuk jaringan computer.
Perusahaan Microsoft kemudian memperkenalkan dan meluncurkan produk Microsof Windows dan Microsoft Office pada tahun 2003. Produk itu kemudian lebih dikenal dengan Windows XP dan Office XP. XP kepanjangan dari “Experience”. Didalam sebuah computer pribadi (PC), Windows XP akan memberikan fasilitas video dan suara secara langsung. Pada tahun 2006, Perusahaan Microsoft memperkenalkan Windows Vista. Makin tinggi versi Windows yang dikenalkan, makin lengkap isi program didalamnya.

B. Melakukan Setting Periferal pada Sistem Operasi Komputer

1. Setting Monitor dalam Komputer

Menentukan konfigurasi monitor yang baik dan tepat akan membuat kinerja computer menjadi lebih optimal. Apabila tampilan monitor baik, hasil pekerjaan juga akan baik Terdapat beberapa macam konfigurasi yang dapat diatur, diantaranya adalah Themes, Desktop, Screen Saver, Appearance, dan setting. Untuk mengatur tampilan monitor, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Klik Start
2. Klik Control Panel
3. Klik Display, kemudian tentukan menu tampilan yang akan diatur.
4. Aturlah tampilan monitor sesuai keperluan. Setelah selesai klik OK.

a. Themes untuk menentukan tampilan awal.



Gambar : Pengaturan tampilan Monitor
b. Desktop untuk menentukan latar belakang gambar


Gambar : Mengatur gambar desktop (Wallpaper)

c. Screen Saver untuk menentukan tampilan gambar apabila computer tidak sedang digunakan


Gambar : Mengatur Screen Saver
d. Appearance untuk menentukan tampilan Windows, besar kecilnya menu dan ikon

Gambar : Mengatur tampilan Windows (Appearance

e. Setting untuk mengatur resolusi monitor serta kualitas warna.


Gambar : Mengatur resolusi monitor.

Penyetingan monitor lainnya adalah pengaturan jumlah warna dan resolusi monitor sehingga tampilannya lebih baik. Jumlah warna merupakan banyaknya warna yang bisa ditampilkan monitor. Jumlah warna yang tersedia antar lain :
• 8 bit = 256 warna
• 16 bit { High color } = 65.536 warna
• 24 bit { True color } 16.777.236 warna
Sedangkan tampilan resolusi merupakan jumlah titik {pixel} yang ditembak elektron ke layar dalam bidang horizontal dan vertical. Semakin banyak titik yang terjadi layar berarti resolusi semakin tinggi sehingga tampilan yang dihasilkannya pun semakin tajam. Resolusi yang ada sekarang antar lain : 640 x 480 pixel, 600 x 800 pixel,dan 1280 x 1024 pixel.
Selain monitor juga da perangkat lain yang digunakn untuk menunjang kualitas gambar,yaitu
VGA card (kartu grafis). Dengan menggunakan VGA card yang bukan on board (ada di dalam motherboard), seperti berbasis AGP (Accelerated Graphics Port) atau PCI Express, resolusi yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

2. Setting Printer

Sebelum menggunakan printer, biasanya dilakukan instalasi terhadap printer tersebut. Instalasi printer dilakukan dengan dua cara. Cara pertama dengan menggunakan file driver yang terdapat dalam system yang ditempatkan dalam folder Control Panel. Cara yang kedua dengan menggunakan file driver yang terdapat dalam CD yang telah disediakan produsen pembuat printer. Langkah-langkah melakukan setting printer antara lain sebagai berikut.
a. Klik Start
b. Klik Printers and faxes maka akan muncul tampilan sebagai berikut.


Gambar : Kotak dialog Printers and faxes
c. Double klik Add Printer maka akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard.



d. Klik Next maka akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard.


e. Klik Next maka akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard



f. Klik Next maka akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard



g. Klik Next maka akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard


h. Klik Next maka akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard



i. Klik Next maka akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard



j. Klik Next maka akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard


k. Klik Next maka akan muncul kotak dialog Add Printer Wizard


l. Klik Finish sehingga terjadi proses penginstalan printer dan tunggu sampai selesai hingga muncul ikon baru pada folder Printers.



Gambar : ikon printer yang baru
C. Melakukan Manajemen File

Pengolahan data pada computer pada dasarnya merupakan pengolahan informasi. Informasi tersebut bisa berupa laporan keuangan dio suatu perusahaan, grafis, atau hasil kesimpulan suatu rapat kerja. Selanjutnya, informasi-informasi yang sudah diolah oleh computer akan disimpan kedalam media penyimpan agar tidak hilang. Kumpulan informasi atau data terstruktur disebut dengan istilah File.
Jika file-file yang terdapat dalam computer sudah banyak, maka kita akan kesulitan ketika mencari atau mengidentifikasi file-file tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengatur file-file yang terdapt dalam computer, yaitu dengan menggunakan file manager (manajemen file). Unutk melakukan hal tersebut, kita dapat memanfaatkan ssitem aplikasi ayg terdapat dalam ssitem operasi Windows XP, yaitu windows Explorer. Program tersebut dapat dijalankan dengan cara mengklik start, pilih All programs, pilih Accessories, kemudian klik Windows Explorer.

1. Menggunakan File Manager Untuk Mengatur File Dan Folder

Ketika mengatur file-file yang terdapat pada windows explorer, kita bisa menggunakan mouse untuk men-drag (menarik) dan men-drop (meletakkan) ke folder yang telah dibuat. Misalnya, apabila kita punya file gambar yang berekstensen jpg, kita bisa mengatur file tersebut sehingga berada di folder my ficture.
Jika kita mengandaikan media penyimpan (hardisk) computer sebagai rumah, maka folder adalah ruangan-ruangan yang terdapat di dalam rumah. Tiap-tiap ruangan di dalam rumah tersebut mempunyai fungsi sendiri-sendiri dan dikelompokkan berdasarkan pada jenis file (ekstensen), pemilik file, nama file, dan lain sebagainya. Pengaturan informasi terutama data dan file memerlukan manajemen file yang baik. Berikut ini adalah cara melakukan manajemen file yang terdapat dalam computer.
a. Membuat folder baru
Folder merupakan suatu yang digunakan untuk meletakkan file. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat folder.
1. Pilih folder di mana anda ingin membuat folder baru, yang sering disebut folder induk.
2. Kemudian dari menu file, pilih new, kemudian pilih folder.
3. Ketikkan nama folder baru tersebut, lalu tekan Enter.

b. Mengahapus folder atau file
Cara menghapus folder ataupun file yang telah dibuat adalah sebagai berikut.
1. Klik folder ataupun file yang ingin di hapus.
2. Klik tombol keyboard delete atau klik kanan mouse kemudian klik delete sehingga muncul kotak dialog confirm folder delete.
3. Klik yes untuk menghapus dan no untuk membatalkan perintah menghapus.

c. Mengganti nama folder ataupu file
Nama folder ataupun file yang telah dibuat, dapat diubah namanya sesuai keinginan kita. Cara untuk mengubah nama folder ataupun file tersebut adalah sebagai berikut.
1. Klik folder ataupun file yang akan diganti namanya.
2. Klik file kemudian klik rename atau klik kanan kemudian klik rename
3. Ganti nama folder lama dengan nama yang baru

d. Membatalakan penghapusan
Langkah-langkah untuk membatalakan penghapusan file atau folder adalah sebagai berikut.
1. Pilih ikon recycle bin pada panel folder.
2. Kemudian pilih file ataupun folder yang dibatalkan penghapusannya.
3. Selanjutnya, dari menu file pilih restore atau dengan klik kanan kemudian pilih restore.

e. Recycle bin.
Recyle bin digunakanh untuk menampung sementara file ataupun folder yang sudah dihapus.Jika file ataupun folder yang sudah dihapus masih terdapat di recyle bin,maka anda masih dapat mangambilkan file atau folder tersebut ke posisi semula.

f. Membersihkan recycle bin
Langkah-langkah membersihkanj recycle bin antara lain sebagai berikut :
1. Pilih ikon recycle bin pada panel folder
2. Selanjutnya,menu file pilih empty recycle bin atau klik kana kemudian pilih empity Recycle Bin.

g. Menyalin File dari Hardisk ke Floppy Disk
Seandainya kita mempinyai data di folder My documents dan ingin menyimpannya ke floppy disk {disket},maka siapkan terlebih dahulu media penyimpannya,dalam hal ini Floppy disk.Floppy disk yang biasa ditemukan di pasaran umunya mempunyai kasipitas 1,44 MB dengan ukuran sebesar 3,5 inchi.Langkah-langkah penyalinan data dari Harddisk ke Floppy disk antara lain sebagai berrikut.
1. Klik folder My Documents
2. Klik kanan data yang akan dipindahkan ke floppy disk, pilih Send To, kemudian klik 3½ Floppy (A)
3. Tunggu sampai proses selesai yang ditandai dengan berhentinya gambar animasi kertas yang berpindah dari folder satu ke folder lainnya.
h. Menyalin file dari Floppy Disk ke harddisk
Cara menyalin file dari Floppy Disk hampir sama dengan cara menyalin File dan harddisk ke Floppy disk.Langkah-langkah yang bias dilkukan adalah sebagai berikut.
1. Klik 31/2 Floppy {A}
2. Setelah muncul isi data 31/2 Flopy {A},anda klik data yang ingin disalin.
3. Klik copy
4. Klik folder yang ingin di tempati hasil salinan data ,misalnya di my documents
5. Klik kana My documents,Kemudian klik paste.

3. Mengenal jenis file

Jenis file yang digunakn untuk mengindeentifikasikan suatu data file.jenis file yang jelas akan memudahkan kita dalm memilih file yang akan digunakn.Jenis file yang digunakan dalam computer ada beberapa macam,namun yang sering dijumpai antara lain jenis file gambar,suara ,data teks,data perhitungan,lagu,video,dan lain sebagai berikut.
• File config.sys, file ini berisi intruksi-intruksi yang dipakai untuk menyusuaikan cara kerja system computer.Pada saat,memulai kerja suatu computer atau pada saat meneruskan operasi yang gagal,file config.sys selalu dibaca system opersai
• File AFM,file ini berisi berbagai macam jenis hueuf yang biasa disebut Font.Kepanjangan dari AFM adalah Adobe font Mertics.
• File.COM merupakan file relative kecil dibandingkan dengan file.EXE.Sebagai contoh,file command.com Bertindak sebagai pemroses perintah DOS.
• File autoesxec.bat mempinyai kepanjangan automatically executed batch,berfungsi untuk menyiapkan system,menyusuaikan kebutuhan software dan peripheral,mengatur tampilan DOS,menentukan spesifikasi,memberitahukan DOS tentang rektoriyang harus dicari saat mencari program yang akan dijalankan,menyusun port serial,memanggil driver mouse,melqalui utility dan program memory residend yang diakses computer secara bergantian setiap kali computer aktif atau mengaktifkan ulang computer.







A. Soal pilihan ganda

Pilih salh satu jawaban yang tepat dengtanmemberi tanda {x} pada huruf a,b,c,d,atau e
1. Sistem operasi yang sering digunakan saat ini adalah
a. Linux C. Windows 95 E. benar semua
b. Windox XP D. Windows 98


2. Di bawah ini merupakan sistem perangkat keras pada proses awalbooting,kecuali…
a. Sistem ROM BIOS C. Sistem mikroprosesor E. Sistem BIOS
b. Sisten RAM D. Sistem Board memory segmentation

3. Berikut ini adalah hal yang termasuk dalam penyetingan monitor kecuali…
a. Ta

Tidak ada komentar: