Kamis, 11 Oktober 2012

Materi Model Pembelajaran E-Learning


Model Pembelajaran E-Learning

Pembelajaran E-Learning adalah model pembelajran yang memanfaatkan Internet dan komputer sebagai sarana utama dalam proses pembelajaran. Disini guru sebagai fasilitator apabila siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Disini siswa dipermudah, karena siswa dengan bebas dapat mencari informasi dan mencari bahan pelajaran yang ingin di kuasai.

Model pembalajaran E-Learning
Model pembelajaran E-Learning disini terbagi menjadi 3 fase pembelajaran yaitu
1)      Fase awal
2)      Fase menengah
3)      Fase akhir
(Fase Awal)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Merencanakan dan mendesai tahap scenario pembelajaran.

Menyimak sajian Guru
Menyiapkan dan memberikan sumberbelajar, dan diberikan sebelum pertemuanberlangsung pada web.

Memanfaatkan sumber belajar online

Mengadakan tes dan interaksi berupaTanya jawab pada siswa.

Mengikuti tes dan Tanya jawab

Memberikan ksimpulan hasil refleksi individu

Lakukan tindak lanjut


(Fase Menengah)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
·         Menyiapkan materi online berupa bahan ajar.
·         Membimbing siswa yang mengalami kesulitan atau kurang paham

Belajar secara mandiri (individu), dengan membaca Bahan ajar yang telah disediakan dan mengkaji tugas yang telah tersedia. Serta bertanya dalam forum diskusi jika mengalami kesulitan.

Memantau kegiatan siswa, dan  membimbing siswa yang masuk ke dalam forum diskusi Online.
dengan punya sendiri.


Memilih teman lain yang membahas sama dengan punya sendiri
Pemberian tugas kepada siswa berupa tugasindividu berikut evaluasi.

Mengerjakan tugas dan evaluasi.

Memberikan refleksi kelas.

Lakukan tindak lanjut

 (Fase Akhir)
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

Memberikan identifikasi/ringkasan terhadap materi yang telah ada pada sumber belajar dalam web.
Melihat sumber belajar dan mengikuti kegiatanidentifikasi materi.
Memberikan tugas dalam bentuk individu.
Review permasalahan dan mencoba untuk menemukan jawaban lalu dipresentasikan.
Menerima hasil pekerjaan tugas individu siswa.
Menyajikan hasil bahasan.
Memberikan refleksi terhadap kegiatan individu.
Memberikan tindak lanjut kegiatan.


Tidak ada komentar: